Minggu, Maret 3
Shadow

Bos Bayer Leverkusen Menepis Kabar Xabi Alonso Latih Real Madrid

Xabi Alonso
Xabi Alonso

CMD368 – Pelatih Bayer Leverkusen, Simon Rolfes, membantah spekulasi mengenai potensi kepindahan Xabi Alonso ke Real Madrid pada musim depan. Alonso, yang diharapkan sebagai pengganti Carlo Ancelotti yang kabarnya akan hengkang akhir musim ini, telah melatih tim utama Leverkusen kurang dari satu tahun setelah mengambil alih pada bulan Oktober tahun lalu. Sebelumnya, ia telah memimpin tim B Real Sociedad selama tiga tahun.

Xabi Alonso dua kali menjadi juara Eropa bersama timnas Spanyol, menghabiskan enam musim gemilang di Santiago Bernabeu. Dia meraih gelar La Liga pada tahun 2012 dan memenangkan Liga Champions dua tahun setelahnya saat Carlo Ancelotti pertama kali memimpin klub tersebut.

Leverkusen telah memulai musim dengan kegemilangan, mengamankan 16 poin dari 18 pertandingan Bundesliga, dan saat ini mereka duduk nyaman di puncak klasemen. Karena ini, Pelatih berusia 41 tahun ini telah menjadi kandidat kuat untuk menggantikan pelatih sebelumnya.

Rolfes menegaskan bahwa tidak ada kekhawatiran bahwa Alonso akan meninggalkan klub, mengingat ia baru-baru ini menandatangani kontrak baru yang akan membuatnya bertahan hingga tahun 2026.

“Kami mendapat komitmennya beberapa pekan lalu saat ia memperpanjang kontraknya,” ujar Rolfes kepada Mundo Deportivo. “Xabi tidak perlu mengatakan apa-apa. Dia telah memperpanjang kontraknya. Dia sepenuhnya fokus di sini.”

Pada bulan Oktober tahun yang lalu, Alonso mengambil alih posisi Gerardo Seoane di Leverkusen saat tim berada di peringkat kedua dari bawah setelah delapan pertandingan Bundesliga. Dengan cepat, pelatih asal Spanyol ini memberikan dampak positif, mengangkat Leverkusen ke peringkat enam Bundesliga dan mencapai babak semifinal Liga Europa pada musim sebelumnya.

Ketika ditanya tentang laporan yang mengaitkannya dengan kembalinya ke Real Madrid sebagai pelatih, Alonso memilih untuk bungkam namun tidak menutup kemungkinan reuni di masa depan.

“Masih terlalu dini untuk membicarakannya, kita masih di bulan September, jadi ini bukan satu hal yang perlu dibicarakan,” ujarnya. “Saya dan para pemain tahu bagaimana sepak bola bekerja, ini bukan masalah bagi siapa pun, dan kami belum membicarakannya.”

Ancelotti diperkirakan akan mengundurkan diri setelah kontraknya berakhir pada akhir musim. Pada bulan Juli, presiden Sepak Bola Brasil (CBF) Ednaldo Rodrigues mengungkapkan bahwa Ancelotti akan memimpin tim nasional di Copa America tahun depan. Fernando Diniz telah menandatangani kontrak sebagai manajer sementara selama satu tahun, sambil tetap melatih tim Fluminense.

“Filosofi, tidak selalu berubah-ubah,” kata Rodrigues pada bulan Juli lalu. “Dia [Diniz] selalu memiliki metode yang sama… Ia adalah seorang pelatih yang memiliki ide mirip dengan pelatih yang akan menangani di Copa America nanti, Ancelotti. Saya pikir mereka memiliki taktik dan filosofi yang hampir sama.”

Ancelotti sendiri telah memenangkan La Liga tahun 2022 dan mengangkat tropi Liga Champion bersama klub pada musim yang sama, ditambah dengan Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

DAFTAR