Sabtu, Maret 2
Shadow

Pesan Xavi Hernandez untuk Barcelona Sukses di Liga Champions

Xavi Hernandez
Xavi Hernandez

CMD368 – Xavi Hernandez mendesak Barcelona untuk meningkatkan performa mereka di Liga Champions dan menetapkan target yang realistis dengan meraih kemenangan secara konsisten.

Blaugrana akan menghadapi Royal Antwerp pada pertandingan perdana Grup H Liga Champions 2023/24. Pertandingan kedua akan berlangsung di Estadi Olimpic Lluis Companys, Rabu (20/9/2023) dini hari WIB.

Setelah tersingkir di fase grup musim lalu, Barcelona kembali ke kancah kompetisi elit Eropa. Xavi menekankan bahwa timnya harus tampil dengan baik jika ingin lolos dari grup yang berisi Antwerp, FC Porto, dan Shakhtar Donetsk.

“Ini saatnya untuk meningkatkan langkah di Liga Champions. Kami memulai di kandang sendiri, di depan para pendukung kami, dan kami sedang dalam performa yang bagus,” ujar Xavi.

Xavi mengakui bahwa dia juga harus memperbaiki dirinya sendiri agar Blaugrana dapat memanfaatkan peluang untuk melangkah lebih jauh di dunia sepak bola Eropa.

Sejak tiba di klub, penampilan mereka di liga sangat kontras dengan performa mereka di kompetisi Eropa, yang cenderung kurang memuaskan baik di lapangan maupun di segi finansial.

Meskipun mengambil alih kursi kepelatihan dari Ronald Koeman hanya dengan tiga pertandingan tersisa di fase grup Liga Champions, Xavi gagal mengalahkan Benfica, dan kemudian mereka tersingkir oleh Eintracht Frankfurt di Liga Europa.

“Saya? Ya, selalu. Saya harus membuktikan diri di setiap pertandingan, ini Barca. Kami semua menghadapi tekanan luar biasa, tapi ini adalah tantangan dan saya menyukai tantangan.”

“Merupakan tantangan yang saya tentukan sendiri sebagai pelatih dan juga tantangan untuk tim. Saya harus meyakinkan para pemain dan menyampaikan antusiasme kepada mereka sehingga mereka memberikan yang terbaik.”

Pelatih berusia 43 tahun itu ingin menekankan bahwa jika mereka mampu mentransfer performa mereka di La Liga ke Liga Champions, maka mereka akan berada dalam posisi yang baik.

“Saya selalu bersikap positif sejak lahir. Tidak tahu apakah itu kelebihan atau kekurangan,” ungkapnya.

“Saya penuh semangat. Mungkin kami harus mengendalikan sedikit euforia. Kami telah melakukan banyak hal dengan baik dalam pertandingan melawan Betis, tapi kami harus membuktikannya setiap tiga hari sekali.

“Tujuan kami adalah finis di puncak grup dan menjadi unggulan dalam undian babak sistem gugur. Namun, ini tentang tindakan, bukan sekadar kata-kata. Musim lalu, tim bermain dengan baik, namun hasilnya tidak memuaskan. Tahun ini, kami harus bermain baik dan mencapai hasil yang maksimal.”

Sementara itu, pemain baru Oriol Romeu belum pernah bermain di Liga Champions sejak musim 2012/13 bersama Chelsea. Gelandang ini menyoroti atmosfer positif di kamp latihan saat Barcelona mengejar trofi Liga Champions pertama mereka sejak 2015.

“Ini mungkin salah satu trofi paling prestisius dalam karier sepak bola seseorang,” tambah Romeu.

“Semua pemain bermimpi untuk bermain di Liga Champions dan merasakan atmosfer itu. Sekarang, kami memiliki kesempatan. Kami harus melupakan masa-masa sulit dalam dua musim terakhir dan memulai semuanya dengan semangat terbaik.

“Suasana di kamp latihan sangat positif. Kami penuh optimisme. Tim ini semakin berkembang di setiap pertandingan dan tujuannya adalah untuk mempertahankan momentum ini.”

DAFTAR