Minggu, Juni 16
Shadow

Kritikan Presiden Barcelona Menohok

Joan Laporta Mengkritik pemain Sepak bola "mata duitan"
Presiden Barcelona, Joan Laporta

CMD368 – Presiden Barcelona, Joan Laporta, menyampaikan kritik tajam terhadap pemain bintang yang memilih untuk pindah ke Liga Arab Saudi dalam beberapa waktu terakhir. Laporta menyatakan bahwa pemain-pemain tersebut lebih tertarik pada tawaran uang yang menggiurkan daripada alasan olahraga atau karier.

Liga Arab Saudi telah menjadi sorotan sejak awal tahun ini setelah mendatangkan sejumlah pemain bintang, di antaranya Cristiano Ronaldo yang pindah ke Al Nassr pada Januari 2023. Tidak hanya Ronaldo, pemain-pemain seperti Karim Benzema, N’Golo Kante, dan Sadio Mane juga mengikuti jejaknya dengan hijrah ke Timur Tengah.

Penggodaan dengan tawaran gaji yang menggiurkan dari klub-klub Arab Saudi memang menjadi daya tarik bagi banyak pemain bintang. Namun, Laporta percaya bahwa kedatangan mereka di Liga Arab Saudi bukan semata-mata untuk melanjutkan karier olahraga. Melainkan lebih karena motif finansial.

Joan Laporta menegaskan bahwa mayoritas pemain lebih memilih untuk bertahan di Barcelona karena cara klub ini dikelola dan komitmennya terhadap para pemain, baik yang sudah maupun yang masih bermain untuk klub tersebut. Laporta menyoroti pentingnya menjadikan sepak bola sebagai prioritas utama, bukan sekadar alasan finansial semata.

“Saya menghormati keputusan Pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan kualitas liga dengan mendatangkan pemain bintang,” ujar Presiden Barcelona tersebut. Dengan menunjukkan sikap penghargaan terhadap upaya Pemerintah Arab Saudi dalam mempromosikan sepak bola di wilayah tersebut.

“Sekalipun kedatangan pemain bintang bisa meningkatkan level dan popularitas Liga Arab Saudi. Saya tetap berpendapat bahwa sepak bola adalah olahraga tim. Tim adalah prioritas,” tegas Laporta.

Dalam menyampaikan kritiknya, Joan Laporta juga menegaskan bahwa Barcelona akan terus berfokus pada pengembangan tim dan mencari pemain yang benar-benar berkomitmen pada olahraga sepak bola.